Posted by : Unknown Rabu, 15 November 2017

Standar Komunikasi

Related image


 Standar adalah suatu hal yang penting dalam penciptaan dan pemeliharaan sebuah kompetisi pasar daripada manufaktur perangkat komunikasi dan menjadi jaminan interoperability data dalam proses komunikasi.

Berbagai macam organisasi standar:

Internet Engineering Task Force (IETF) adalah badan dunia yang menjadi kunci dibalik perkembangan internet,biasanya mengambil jalan sangat demokratis,terbuka,open standard,praktis mengadopsi yang terbaik yang ada di lapangan,dan yang lebih penting lagi IETF lebih cepat berkembang dan terkenal didalam komunikasi data dan internet. Cukup masuk akal karena IETF memang besar bersama internet dan protokol IP.

Internastional Telecommunications Union (ITU) adalah tempat berkumpulnya para regulator telekomunikasi dan operator telekomunikasi secara tradisional akan memilih jalur formal,resmi,dan sangat top down.

International Standards Organization (ISO) adalah sebuah badan multinasional yang didirikan pada tahun 1947 sebagai badan yang melahirkan standar-standar aspek yaitu model OSI. OSI adalah open system interconnection yang merupakan himpunan protokol yang memungkinkan terhubungnya 2 sistem yang berbeda yang berasal dari underlying archeticture yang berbeda pula.

American National Standards Institute (ANSI) adalah sebuah kelompok yang mendefinisikan standar amerika serikat untuk industri pemrosesan informasi. ANSI membantu dengan komunikasi dan jaringan. ANSI adalah anggota IEC dan ISO.

Institute of Electronical and Electronics Engineers (IEEE) adalah organisasi nirlaba internasional,yang merupakan asosiasi profesional utama untuk peningkatan teknologi.Sebelumnya,IEEE merupakan singkatan dari Institute of Electronicaland Electronics Engineers. Namun,berkembangnya cakupan bidang ilmu dan aplikasi yang diperdalam organisasi ini membuat nama-nama kelektroan dianggap tidak relevan lagi,sehingga IEEE tidak dianggap memiliki kepanjangan lagi,selain sebuah nama yang dieja sebagai Eye-Triple-E.

Electronic Industries Association (EIA) adalah organisai perusahaan elekronik nasional amerika serikat dan anggota asosiasi dagang ANSI. Komite TR30 bertanggung jawab untuk perkemangan dan perawatan standar industri untuk antarmuka antara peralatan pemrosesan data dan komunikasi data. Komite ini bertanggung jawab untuk pengembangan antarmuka RS-232-C EIA standar industri sekarang. Komite TR30 disajikan dalam subkomite ANSI X3S3 dalam transmisi data.

Federal Communications Commision (FCC) adalah sebuah organisasi pemerintahan yang dibentuk oleh Federal Communication Act pada tahun 1934 di Amerika. Organisasi ini mempunyai hak pengaturan telekomunikasi meliputi radio,video,telepon,dan komunikasi satelit.

OSI

     Model OSI adalah suatu dekripsi abstrak mengenai desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif Open System Interconnetion (ISO).

Ketujuh lapisan dalam model ini adalah:

Physical Layer berfungsi dalam pengirima raw bit ke channel komunikasi. Malah desain yang harus diperhatikan disini harus diterima oleh sisi lainnya sebagi 1 bit pula,bukan 0 bit.

Data Link Layer berfungsi sebagai fasilitas transmisi raw data dan mentransformasi data tersebut ke saluran yabg bebas dari kesalahan transmisi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak,, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).

Network Layer berfungsi untuik mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

Transport Layer berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima.

Session Layer berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan.

Presentation Layer berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditramsmisikan melalui jaringan.

 Application Layer berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.



INTERNET STANDAR

Dalam teknik jaringan komputer, Standar Internet (disingkat "STD") adalah spesifikasi normatif atau metodologi yang berlaku ke Internet. Standar Internet diciptakan dan ditterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).

Internet Standar

Standar Internet ditandai dengan tingkat tinggi kemantangan teknis dan oleh keyakinan umum bahwa protokol atau layanan tertentu memberikan manfaat yang signifikan kepada komunikasi internet. Umumnya standar internet menutupi interoperabilitas sistem di internet melalui mendesfinisikan protokol, format pesan, skema, dan bahasa. Yang paling mendasar dari standar internet adalah orang-orang mendefinisikan Internet Protokol.

Standar Internet memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak yang dihasilkan oleh vendor yang berbeda dapat bekerja sama. Memiliki standar membuat lebih mudah untuk mengambangkan perangkat lunak dan perangkat keras yang menghubungkan jaringan yang berbeda karena perangkat lunak dan perangkat keras dapat dikembangkan satu lapisan pada suatu waktu. Biasanya, satndar yang digunakan dalam komunikasi data disebut Protokol.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mari Belajar di Blog saya - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -